Lakukan Hal Ini Supaya Tidak Ngantuk Saat Kerja

Rasa kantuk sangatlah wajar bila menghampiri kita. Apalagi saat rasa lelah tiba-tiba datang. Tetapi, terkadang rasa kantuk itu datang disaat yang tidak tepat, misalnya ketika fokus kerja, fokus belajar dll. Namun setelah kita istirahat rasa kantuk itu hilang, padahal kita ingin melampiaskannya dengan tidur, tetapi malah tidak ngantuk, hal inipun sering terjadi hampir ke semua orang. Rata-rata penderita rasa kantuk biasanya disebabkan oleh pola tidur yang salah, seperti halnya bergadang, terlalu lelah, kebosanan, makan sebelum tidur dll. Dan kali ini Raka Cumis menganjurkan kepada anda Lakukan Hal Ini Supaya Tidak Ngantuk Saat Kerja.


Lakukan Olahraga Yang Teratur dan Tidur Yang Cukup
Olahraga seperti jogging atau lari pagi sebelum bekerja, dapat membuat tubuh lebih segar dan bugar, sehingga anda akan merasa bersemangat saat beraktivitas. Tidurlah yang cukup dan hindari yang namanya bergadang, sehingga akan meminimalkan risiko rasa kantuk yang menyerang di saat jam kerja.

Asupan Sinar Matahari Yang Cukup
Seseorang yang kurang terkena sinar matahari akan cenderung diserang rasa kantuk. Usahakan ruangan atau tempat kerja anda mendapatkan cahaya matahari yang cukup agar terhindar dari ngantuk saat bekerja.

Menghirup Aroma Tertentu
Cobalah menghirup aroma tertentu karena dinilai cukup efektif untuk mengembalikan daya konsentrasi anda. Aroma-aroma seperti kayu manis, cokelat, kopi, dan peppermint cukup efektif untuk membuat mata tetap fokus.

Bekerja Sambil Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik dapat mengembalikan mood dan mengembalikan tingkat konsentrasi anda disaat rasa kantuk mendera. Hal ini juga sesuai dengan hasil sebuah studi di Taiwan yang menemukan bahwa seseorang cenderung memiliki level konsentrasi tinggi saat mendengarkan musik ketika sebelum ujian berlangsung.

Harus Sering Bergerak
Duduk dengan waktu yang lama dapat menyebabkan rasa kantuk. Jika pekerjaan anda menuntut anda untuk duduk terus dan berhadapan dengan komputer, sebaiknya lakukan sedikit peregangan sekali waktu atau berjalan sebentar supaya aliran darah kembali lancar.

Bekerja Sambil Ngemil Makanan
Konsumsi cemilan yang sehat dan rendah kalori. Ngemil termasuk "obat" untuk mengusir kantuk. Cemilan yang mempunyai protein tinggi dapat merangsang sel orexin pada otak yang akan mengirimkan impuls listrik. Hal ini akan membuat seseorang tetap terjaga dan waspada. Namun begitu sebaliknya dengan cemilan yang banyak mengandung karbohidrat, sebab cemilan seperti ini akan membuat kita mudah mengantuk karena dapat meningkatkan dan menurunkan kadar gula darah dengan sangat cepat.

Konsumsi Kafein atau Bekerja Sambil Minum Kopi
Minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi dapat meningkatkan produksi adrenalin. Selain itu juga, kafein dapat menghambat zat kimia penyebab kantuk. Namun demikian harus dalam takaran yang tepat dan tidak berlebihan. Para ahli menganjurkan untuk tidak mengonsumsi kafein lebih dari 200mg perhari atau setara dengan 3 cangkir kopi.

Itulah tips dari Raka Cumis supaya kalian terhindar dari rasa kantuk saat bekerja, tetap semangat untuk mencari sesuap nasi dan menggapai kesuksesan, semoga artikel dari saya bermanfaat bagi kalian semua :)
Previous
Next Post »